Kamis, 05 Mei 2016

Tips liburan seru tapi tetap hemat.

Musim liburan sudah di depan mata. Bagi Anda yang memiliki kesibukan dengan pekerjaan yang menyita waktu dan tenaga, tentunya sudah menantikan sekali datangnya musim liburan tahun 2016 ini. Selain untuk menyegarkan pikiran dan badan, liburan juga seringkali dijadikan ajang untuk mempererat ikatan keluarga atau hubungan lainnya yang mungkin selama ini  jarang sekali mendapat perhatian dikarenakan sibuk nya pekerjaan Anda sehari-hari.

Tak sedikit orang yang sudah merencanakan ke mana mereka akan berlibur jauh hari sebelum musim liburan itu datang.  Namun tak jarang juga orang yang merencanakan libur nya secara dadakan atau bahkan tanpa rencana sama sekali, kalau istilah keren nya sering disebut backpacker. Backpacker ini sendiri memang bisa dibilang konsep liburan yang dapat menghemat biaya lumayan banyak. 

Untuk Anda yang memiliki anak-anak yang masih kecil, mungkin konsep  backpacker ini kurang sesuai, karena harus tetap di ribetkan dengan barang bawaan yang mengharuskan kita membawa kendaraan. Nahh seperti apa sih liburan keluarga yang seru tapi bisa tetap hemat seperti para backpacker itu? Mungkin tip-tips di bawah ini bisa membantu Anda dan keluarga untuk mulai merencanakan liburan seru tapi tidak membuat kantong Anda bolong.

1. Pilih tanggal yang cocok.

Pemilihan tanggal untuk liburan bisa menjadi awal dari liburan yang seru namun tidak menguras biaya. Jika Anda sudah memiliki tabungan khusus untuk liburan, tentunya tidak menjadi masalah untuk berlibur kapan saja di waktu yang Anda inginkan. Namun, bila Anda tidak memiliki tabungan khusus, pilihlah tanggal yang memang dekat dengan waktu gajian Anda. Jadi Anda tidak was-was karena takut kekurangan dana di tengah liburan Anda nantinya.

2. Pilih destinasi liburan yang tepat.

Ini merupakan langkah penting untuk liburan seru Anda. Bila Anda memiliki waktu serta budget yang terbatas, sebaiknya pilihlah tempat liburan yang memang tidak terlalu jauh dari rumah. Misalnya, Anda tinggal di daerah Jabodetabek, Puncak bisa menjadi destinasi pilihan yang baik. Selain Puncak memiliki banyak sekali tempat wisata pilihan dengan udara pegunungan yang sangat segar, jaraknya yang tidak terlalu jauh juga sangat memungkinkan untuk Anda menjalani One Day Trip. Anda bisa berangkat pagi hari (diusahakan subuh agar terhindar dari buka tutup jalur di Pintu keluar Toll Ciawi), kemudian bisa kembali lagi ke Jakarta pada sore harinya. Bila Anda tinggal di daerah Bandung, Lembang dan sekitarnya bisa menjadi alternatif destinasi liburan yang tak kalah seru untuk Anda dan keluarga.


3. Pilih tempat wisata edukasi.

Kenapa harus wisata edukasi? Bagi anda yang memiliki putra-putri di usia sekolah dasar misalnya, ini bisa menjadi moment yang tepat untuk sedikit mengalihkan mereka dari gempuran modernisasi seperti gadget. Dalam wisata edukasi ini, secara tidak langsung sebenarnya kita mengajak mereka untuk belajar . Contoh wisata edukasi ini seperti: Museum, Istana Kepresidenan, Kebun Raya, Dairy Farm, dan sebagainya. 
Selain sisi edukasi yang menjadi nilai plus dari wisata ini, tiket masuk ke tempat-tempat seperti ini tentu lebih hemat dibanding dengan Mall, arena bermain yang super lengkap, ataupun kolam renang waterboom dan sejenisnya. Jadi liburan Anda bisa tetap seru sekaligus juga mendapat ilmu pengetahuan yang baru.


4. Bawa perlengkapan dan bekal sendiri.

Sudah tahu sekarang akan pergi ke mana liburan ini? Waktunya untuk menyiapkan perbekalan dan perlengkapan liburan Anda. Untuk Anda yang memiliki putra-putri yang masih kecil, tentu ini bisa menjadi sangat merepotkan karena banyaknya barang-barang yang harus dibawa. 
Buatlah daftar perlengkapan yang harus Anda bawa. Masukan dalam daftar tersebut baju ganti yang cukup beserta perlengkapan mandi dan lain lain, serta makanan camilan, karena biasanya di tempat wisata makanan camilan di banderol harga yang cukup tinggi dibanding biasanya. 
Mainan kesukaan anak-anak hingga selimut favorit mereka (jika perlu) juga jangan lupa masuk dalam daftar Anda, untuk menghindari pengeluaran yang tidak perlu dikarenakan Anda lupa untuk membawa beberapa perlengkapan anak-anak Anda, jadi Anda bisa mengalokasikan dana yang ada untuk membeli oleh-oleh dari tempat wisata tersebut.


5.  Pilihlah akomodasi yang tepat.

Jika memang Anda harus menginap pada saat liburan ini, pilihlah akomodasi/hotel yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Rajin-rajin lah untuk mencari tahu di internet mengenai hotel mana yang memberikan penawaran harga yang terbaik, Tentunya Anda juga harus mempertimbangkan fasilitas yang ditawarkan hotel tersebut, karena banyak juga hotel yang memiliki fasilitas dan aktivitas seru untuk liburan keluarga. Jadi bila Anda tidak memiliki waktu yang banyak untuk berwisata di luar hotel, wisata di dalam hotel itu sendiri juga dapat menjadi pilihan yang seru.

Jadi, sudah siapkah Anda untuk musim liburan tahun ini?? Buatlah rencana dari sekarang agar Anda bisa menghabiskan masa liburan Anda dan keluarga tercinta dengan lebih intim, berkualitas dan seru namun tentunya tetap hemat di kantong.
Have a FUntastic FUNmily FUNcation...!!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar